Flash Info

Peringati Hari Lahir Pancasila, DPC PDIP Kota Jogja Gelar Sarasehan & Tumpengan Kobarkan Api Semangat Perjuangan Bung Karno

Kamis, 01 Juni 2023 10:53
Administrator
137 Lihat
Bagikan

Upaya menghikmati Pancasila digelar oleh PDI Perjuangan Yogyakarta dengan mengawali agenda Bulan Bung Karno lewat sarasehan dan tumpengan bersama seluruh kader dan masyarakat umum di Kantor DPC PDIP Kota Jogja. 
PDI Perjuangan mengajak semua elemen bangsa untuk terus mengobarkan api perjuangan Bung Karno dalam tiap kehidupan berkebangsaan dan bernegara. 

Eko Suwanto, Ketua DPC PDI Perjuangan Yogyakarta menegaskan hal tersebut dalam perayaan peringatan Hari Lahir Pancasila, 1 Juni. 


"PDI Perjuangan mengajak semua elemen bangsa untuk terus mengobarkan api perjuangan Bung Karno, tiap kader harus memiliki daya juang, semangat yang hebat, untuk terus menemui rakyat dan melayani rakyat," kata Eko Suwanto, Ketua DPC PDI Perjuangan, Rabu, 31/5/2023 malam. 

Eko Suwanto, Ketua DPC PDI Perjuangan Yogyakarta menyatakan ada sejumlah agenda kegiatan yang dilaksanakan dalam rangkaian mengisi Bulan  Bung Karno pada bulan Juni tahun 2023.

Ada sarasehan, talkshow dan tentu saja momentum penting menghikmati Pancasila di dalam kehidupan masyarakat. Agenda tirakatan dihadiri juga oleh pengurus, bacaleg dan kader muda dari Taruna Merah Putih Yogyakarta serta Baguna dan badan badan lain PDIP. 

"Mari kita kokoh kan di hati kita, Pancasila, UUD 1945, bhinneka tunggal ika dan tentu saja keistimewaan DIY, bagian tidak terpisahkan dari komitmen PDI Perjuangan. 

Ada beragam kegiatan buat anak muda, tentu saja bertujuan menang pemilupemilu dengan memenangkan Ganjar Pranowo sebagai Presiden RI di 2024 yang membahagiakan hatinya rakyat, rakyat kota Yogyakarta DIY khususnya dan Indonesia di pemilu yang akan datang. 

"Hari Pancasila penting dirayakan, terimakasih kepada Presiden Joko Widodo yang telah menerbitkan Keppres tentang Hari Lahir Pancasila. Saya tegaskan juga bahwa DIY sudah punya Perda 1/2022 tentang Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan dengan salah satunya mengatur tentang peringatan hari Pancasila, masyarakat bisa memperingati dengan upacara, sarasehan, dengan kegiatan budaya untuk menghikmati terutama bagi yang  muda," kata Eko Suwanto, Ketua PDI Perjuangan Yogyakarta. 

Eko Suwanto, Ketua DPC PDI Perjuangan Yogyakarta menambahkan, sebelumnya dalam rangkaian peringatan Bulan Bung Karno, bersama bakal calon legislatif yang diajukan ke KPU, seluruh bacaleg bersama pengurus partai lakukan napak tilas, Sinau Bung Karno ke Surabaya dan Blitar. 

"DPC PDI Perjuangan Yogyakarta lakukan serangkaian agenda guna menghikmati Pancasila dengan kunjungan ke rumah Bung Karno di Pandeyan, Peneleh Surabaya, lalu ke rumah kost milik HOS Tjokroaminoto yang jadi tempat belajar, berjuang dari sana. Ziarah ke makam Proklamator Bung Karno di Blitar, mendoakan agar Indonesia bisa lebih sejahtera ke depan, berdoa untuk Bung Karno, doa untuk Ibu Megawati, Sekjen Mas Hasto Kristiyanto, Mas Ganjar Pranowo agar selalu sehat wal afiat  serta doa agar Pemilu 2024 berjalan lancar dan PDI Perjuangan menang dapat kepercayaan rakyat," kata Eko Suwanto, Ketua Komisi A DPRD DIY. 

Disela acara sarasehan & tumpengan, Andityas Bima Prasatya,  Ketua Taruna Merah Putih Yogyakarta yang menghadiri malam perayaan peringatan hari Pancasila, 1 Juni di Yogyakarta menyatakan harapan agar kaum muda bisa turut berperan dalam menggelorakan Pancasila. 

"Harapan kita sebagai anak muda bisa kokoh jiwa ideologis Pancasila,  agar generasi muda makin mencintai NKRI. Pancasila harus jadi ideologi bangsa yang harus tertanam di dada dan dari Jogja Istimewa kita suarakan, gemakan semangat untuk terus bergerak menggelorakan Pancasila dalam tiap praktek kehidupan berbangsa, bernegara. TMP Kota Jogja juga akan menggelar berbagai acara bersama kaum muda merayakan hari lahir Pancasila. Acaranya akan kita kemas menggembirakan dan penuh semangat," kata Andityas Bima Prasatya, Ketua Taruna Merah Putih Yogyakarta. 

Usai sarasehan yang dipimpin Eko Suwanto, acara dilanjutkan dengan doa oleh Kyai Masyhuri. Acara yang berlangsung hingga malam ditutup dengan potong tumpeng oleh ketua DPC PDIP Kota Jogja.

"Malam ini tumpeng saya serahkan aktifis, kader PDI Perjuangan yang ikhlas berjuang, tidak kenal menyerah serta setia kepada Ibu Mega dan PDI Perjuangan, dari unsur Baguna serta perwakilan dari 5 daerah pemilihan. Setia, ikhlas, disiplin dan loyali merupakan nilai luhur Pancasila yang selalu dihati setiap kader dan pengurus PDI Perjuangan dalam melayani, memberdayakan dan melindungi rakyat. Mari berjuang menangkan Pemilu dengan penuh semangat dan daya tahan kuat. Yakinlah perjuangan akan memberikan hasil terbaik", ujar Eko Suwanto Ketua DPC PDIP Kota Yogyakarta. (*)

Tinggalkan komentar

0 Komen