Flash Info

rri.co.id - Hari Lahir Pancasila, Kobarkan Semangat Perjuangan Bung Karno

Kamis, 01 Juni 2023 10:58
Administrator
180 Lihat
Bagikan
Penyerahan potongan tumpeng dalam sarasehan memperingati Hari Lahir Pancasila 2023 oleh Ketua DPC PDIP Kota Yogyakarta Eko Suwanto kepada aktifis, kader PDI Perjuangan (Foto: istimewa)
 

KBRN, Yogyakarta: Memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023, DPC PDI Perjuangan Kota Yogyakarta menggelar sarasehan dan tumpengan bersama seluruh kader dan masyarakat umum. Untuk lebih menghikmati nilai-nilai yang terkandung dalam ideologi negara, Pancasila.

PDIP mengajak semua elemen bangsa untuk terus mengobarkan api perjuangan Bung Karno dalam tiap kehidupan berkebangsaan dan bernegara. 

"PDI Perjuangan mengajak semua elemen bangsa untuk terus mengobarkan api perjuangan Bung Karno, tiap kader harus memiliki daya juang, semangat yang hebat, untuk terus menemui rakyat dan melayani rakyat," kata Ketua DPC PDIP Kota Yogyakarta, Eko Suwanto Rabu, 31/5/2023 malam. 

Eko Suwanto menyatakan, ada sejumlah agenda kegiatan yang dilaksanakan dalam rangkaian mengisi Bulan  Bung Karno pada bulan Juni tahun 2023.

Diantaranya sarasehan, talk show, dan momentum penting mengkhidmati Pancasila di dalam kehidupan masyarakat. 

Sedangkan, agenda tirakatan dihadiri juga oleh pengurus, bacaleg dan kader muda dari Taruna Merah Putih Yogyakarta serta Baguna dan badan badan lain PDIP. 

"Mari kita kokoh kan di hati kita, Pancasila, UUD 1945, bhinneka tunggal ika dan tentu saja keistimewaan DIY, bagian tidak terpisahkan dari komitmen PDI Perjuangan," ucap Eko Suwanto. 

"Hari Pancasila penting dirayakan, terimakasih kepada Presiden Joko Widodo yang telah menerbitkan Keppres tentang Hari Lahir Pancasila. Saya tegaskan juga bahwa DIY sudah punya Perda 1/2022 tentang Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan dengan salah satunya mengatur tentang peringatan hari Pancasila, masyarakat bisa memperingati dengan upacara, sarasehan, dengan kegiatan budaya untuk mengkhidmati terutama bagi yang  muda," lanjutnya. 

Disela acara sarasehan & tumpengan, Ketua Taruna Merah Putih Yogyakarta, Andityas Bima Prasatya,   yang menghadiri malam perayaan peringatan hari Pancasila, 1 Juni di Yogyakarta menyatakan harapan agar kaum muda bisa turut berperan dalam menggelorakan Pancasila. 

"Harapan kita sebagai anak muda bisa kokoh jiwa ideologis Pancasila,  agar generasi muda makin mencintai NKRI. Pancasila harus jadi ideologi bangsa yang harus tertanam di dada dan dari Jogja Istimewa kita suarakan, gemakan semangat untuk terus bergerak menggelorakan Pancasila dalam tiap praktek kehidupan berbangsa, bernegara. TMP Kota Jogja juga akan menggelar berbagai acara bersama kaum muda merayakan hari lahir Pancasila. Acaranya akan kita kemas menggembirakan dan penuh semangat," kata Andityas Bima Prasatya, Ketua Taruna Merah Putih Yogyakarta. 

Usai sarasehan yang dipimpin Eko Suwanto, acara dilanjutkan dengan doa oleh Kyai Masyhuri. Acara yang berlangsung hingga malam ditutup dengan potong tumpeng oleh ketua DPC PDIP Kota Jogja.

 

Sumber : https://www.rri.co.id/yogyakarta/daerah/251017/hari-lahir-pancasila-kobarkan-semangat-perjuangan-bung-karno

Tinggalkan komentar

0 Komen