Flash Info

Jaga Kebersihan Sungai, Agar Ikan Bisa Hidup dan Berkembang

Sabtu, 16 Januari 2021 10:53
Administrator
235 Lihat
Bagikan

SMOL.ID - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) gandeng Dinas Kelautan dan Perikanan DIY bersama warga Kampung, Badran, Yogyakarta, Senin (6/12) menebar ribuan bibit ikan di Sungai Wonongo, Yogyakarta.

Penebaran bibit ikan dilakukan Hery Sulistio Hermawan, Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan DIY, Ketua Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto bersama warga yang dipimpin langsung oleh Ny Parti, Ketua RW 11 Kampung Badran, Yogyakarta.

Penebaran bibit ikan sebanyak 10.400 bibit ikan tersebut dilakukan di tiga titik yaitu di RW 11 Kampung Badran, dan RW 05 dan RW 03 Kampung Pingit, Kalurahaan Gowongan, Kecamatan Jetis, Kota Yogyakarta

 

Hery Sulistio Hermawan, Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan DIY mengatakan, Ikan yang ditabur di Sungai Winongo ada lima jenis ikan yaitu uceng, nilem, tawes, wader dan sepat.

Untuk itu, Hery Sulistio Hermawan, minta kepada warga sepanjang sungai bisa menjaga lingkungannya dengan baik dan jangan mencari ikan dengan cara 'nyetrum' apalagi diracun (dijenu,Jawa) dengan obat.

Mencari ikan dengan cara seperti itu, lanjut dia, sama saja merusak lingkungan dan membunuh bibit ikan yang ada. Untuk itu, warga bisa menjaga lingkungan sungai dengan baik agar ikan-ikan yang ada di sepanjang sungai bisa hidup lestari dan berkembang.

''Kami sengaja menebar ikan jenis itu, karena ikan yang kami tebar ini sesuai dengan arus sungai,'' katanya. ''Ikan-ikan jenis wader, uceng, nilem itu cocok hidup di sungai yang arusnya deras,'' tambah dia menjelaskan.

Oleh karena itu, ia minta warga sepanjang sungai menjaga lingkungan dengan baik agar kehidupan yang ada dalam sungai seperti ikan bisa hidup lestari dan berkembang.

''Pesanku jangan menangkap atau mencari ikan dengan cara yang tidak benar, jagalah lingkungan sungai dengan baik,'' katanya. ''Dan satu pesan saya lagi, jangan buang sampah disungai,'' tambah dia.

Dalam kesempatan Eko Suwanto, Ketua Komisi A DPRD DIY, menyampaikan banyak terimakasih kepada Dinas Kelautan dan Perikanan DIY yang mempunyai komitmen untuk menebar ikan di Sungai Winongo, Yogyakarta.

Eko Suwanto, yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan, Kota Yogyakarta, menyebutkan, bibit ikan lokal yang ditebar di Sungai Winongo merupakan hasil budidaya dari UPTD pada Dinas Kelautan dan Perikanan DIY. 

Lewat tebar  ribuan bibit ikan di  sungai ini, harapannya bibit ikan yang ditebar bisa beradaptasi dan berkembang serta tumbuh berkembang sehingga menambah populasi ikan sungai yang kini nyaris hilang.

Menurut Eko Suwanto, agar bibit ikan itu bisa hidup dan berkembang biak, air sungai jangan sampai tercemar buangan limbah maupun sampah dari warga apalagi limbah pabrik.

“Untuk itu, pesan kami jangan buang sampah sembarangan. Tumpukan sampah seperti itu harus jadi perhatian pemda. Pemda perlu senantiasa mengajak masyarakatnya merawat kebersihan sungai,” ujar Eko Suwanto yang cukup dikenal di kalangan anak-anak muda Kota Yogyakarta.

Eko Suwanto, Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Yogyakarta ini mengakui, dalam mengelola kelestarian sungai tidak  bisa dilakukan sendirian kerena dari hulu sampai ke hilir harus dirawat sebaik-baiknya.  

Maka perlu kerjasama antara pemda dengan dinas terkait, sehingga ikan-ikan yang ada di sungai bisa hidup dan berkembang agar bisa dikonsumsi masyarakat sekitar.

“Kita ajak masyarakat membangun kesadaran untuk hidup bersih. Ajak setiap orang supaya tidak buang sampah sembarangan, apalagi buang sampah di sungai,” kata Eko Suwanto. (Rangga Permana).***

.Sumber : https://www.smol.id/news/pr-712069843/jaga-kebersihan-sungai-agar-ikan-bisa-hidup-dan-berkembang?page=all

Tinggalkan komentar

0 Komen